Berita Hangat :
Share

Modul 1 Sistem Operasi Teknik Informatika ITS

Posted by Fauzan Ramadhani Sunday, September 27, 2015 1 Komentar
Post kali ini akan membahas tugas kuliah author yang diharuskan di post di blog masing masing, dalam post ini akan disediakan testcase yang harus diselesaikan oleh author, dari 4 testcase yang diberikan, author hanya akan membahas testcase nomor 4 dikarenakan sempitnya ruang dan deadline. Langsung saja di nikmati hidangannya gan.


Compressing Directory on Linux


Gambar diatas adalah salah satu testcase dari 4 testcase yang diberikan pada author untuk diselesaikan, pada case kali ini author diharuskan membuat script untuk melakukan compressing folder dalam ekstensi tar.gz dengan format XZZ ( Kelas, Nomor Kelompok ). dalam kasus ini A02 ( A = Kelas Author, 02 = Nomor Kelompok Author).

Setelah dilakukan pengarsipan Author diharuskan mencatat ke dalam log file dengan format nama file log_XZZ.txt (log_A02.txt).

Solution



Gambar diatas merupakan script yang author buat untuk menyelesaikan test case nomor 4 diatas, untuk sementara kita simpan dulu. Untuk penjelasan lebih jelasnya silahkan baca lebih lanjut.

Explanation


  • #!/bin/bash
    Tanda #! pada /bin/bash dalam script tes adalah perintah yang diterjemahkan ke kernel linux untuk mengeksekusi path yang disertakan dalam hal ini program bash pada direktory /bin, sebenarnya tanpa mengikutkan baris tersebut anda tetap dapat mengeksekusi script bash, dengan catatan bash adalah shell aktif. atau dengan mengetikkan bash pada prompt shell.
  • tanggal=`date +%d`_`date +%m`_`date +%y`
    Line ini berarti user membuat sebuah variable yang memiliki nilai tanggal pada saat script dijalankan dengan format dd_mm_yy (day_month_year)
  • waktu=`date +%H`_`date +%M`_`date +%S`Line ini berarti user membuat sebuah variable yang memiliki nilai jam pada saat script dijalankan dengan format hh_mm_ss (hour_minute_second)
  • tar -zcvf A02.tar.gz $tanggal/*
    Line ini merupakan command utama dari case yang diberikan, tar disini digunakan untuk melakukan perintah compressing -zcvf merupakan atribut pada command tar dimana
    • z berarti zip
    • c berarti create
    • v berarti verbose
    • f berarti files
    A02.tar.gz adalah output yang di inginkan oleh user, dan $tanggal/* adalah input yang akan dicompress
  • echo"$tanggal, jam $waktu" >> log_A02.txt
    Line ini memberikan output "variable tanggal,jam variable waktu" untuk kemudian di print pada file log_A02.txt

Conclusion


Kesimpulannya script yang author buat akan menyimpan tanggal dan waktu pada saat script dijalankan, untuk kemudian melakukan compressing folder yang memiliki nama yang sama dengan tanggal pada saat script dijalankan, setelah selesai melakukan compress maka akan dilakukan pencatatan pada file log_A02.txt dengan format "Tanggal, Jam"

1 Tanggapan Untuk “Modul 1 Sistem Operasi Teknik Informatika ITS”

September 27, 2015 at 6:46 AM

Sing nduwe ganteng tenan :3

Terimakasih Anjing Garing atas Komentarnya di Modul 1 Sistem Operasi Teknik Informatika ITS

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak ...

Komentar Terbaru

Artikel Terbaru